Archimedes

Lahir : Sekitar tahun 287 sebelum masehi di Sisilia
Meninggal : 212 sebelum masehi pada usia sekitar 75 tahun.


Suatu ketika, Raja Syuracuse, salah seorang penguasa pada zaman Yunani Kuno ingin membuat mahkota yang indah. Mahkota itu harus terbuat dari emas murni. Tetapi sang Raja tidak percaya dengan si pembuat mahkota. Raja khawatir kalau ia ditipu oleh si pandai emas dengan mencampurkan logam murahan dalam mahkotanya.
Tetapi beruntunglah sang Raja mempunyai seorang teman yang bernama Archimedes. Archimedes adalah seorang jenius pada masa Yunani Kuno. Ia tidak hanya ahli dalam hal matematika, tetapi juga ilmu alam. Sang Raja mempercayakan persoalan mahkotanya pada Archimedes. Mulanya Archimedes kebingungan, ia tidak tahu bagaimana caranya mengetahui apakan mahkota yang dipesan olah Raja itu benar-benar berasal dari emas murni?
Archimedes tidak menemukan jawabannya sampai ia mandi dengan menceburkan badannya di dalam bak yang berisi penuh air. Waktu itu ia sadar kalau air dalam bak mandi akan naik semakin tinggi sebanding dengan berat badannya yang masuk ke dalam air. Ia kemudian melompat keluar dan langsung berlari ke jalan sampil berteriak Eureka!!, Eureka!!, Eureka!!, dalam bahasa Yunani berarti Aku Tahu!!!.
Archimedes pun melakukan percobaan seperti waktu ia mandi pada mahkota sang Raja. Ia memasukkan Emas murni yang sama beratnya dengan mahkota Sang Raja kedalam Air, dan ia mengukur tinggi air yang naik. Kemudian hal yang sama juga ia lakukan pada mahkota sang raja. Apakah tinggi air yang naik sama? Jika sama berarti mahkota itu benar-benar terbuat dari emas murni. Tetapi jika tidak sama, berarti si Pandai emas telah menipu sang Raja dengan mencampurkan logam lain dalam mahkota. Ternyata tinggi air berbeda dan si pandai emas akhirnya dihukum karena ia telah menipu sang Raja. Mungkin ia merasa mampu menipu sang Raja tetapi ia tidak mengira kalau Archimedes yang jenius dengan pengetahuannya akan membongkar kejahatannya.

Tidak ada komentar: