Lingkungan Sekolahku

Setelah selesai sekolah, pada hari Kamis tanggal 28 Maret kemarin, siswa kelas 3 SD Langensari tidak langsung pulang. Hari itu, seperti minggu-minggu sebelumnya ada kegiatan pendampingan lingkungan.

Kegiatan hari ini adalah mengenal lingkungan sekolah. Teman-teman kelas 3 SD Langensari dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok didampingi seorang fasilitator. Kami memulai dengan menggambar denah lingkungan sekolah. Menggambarnya harus bergantian, karena setiap kelompok harus menggambar di selembar kertas berukuran besar. Tapi ada juga kelompok yang membagi tugas untuk menggambar.

Setelah sesesai menggambar, petualangan kami dimulai. Kakak pendamping kemudian mengajak kami berjalan untuk mengamati lingkungan sekolah sambil mengumpulkan sampah sampah yang ditemui. Masing-masing dari kami membawa kantong plastik untuk tempat sampah. Wah.. ternyata masih ada sampah yang berserakan, ada yang sudah dibakar tapi tidak seluruhnya hangus. Daun-daun juga banyak yang berguguran di bawah pohon besar. Kami tidak bisa memungutnya karena jumlahnya terlalu banyak. Kantong plastik yang kami bawa tidak mungkin memuat semua sampah itu.
Di dekat sekolah kami ternyata ada tempat pembuangan sampah. Tapi, pintu besinya tertutup, sehingga kami hanya bisa menaruh sampah yang dikumpulkan di depan tempat sampah itu.

Wah...Capek... Halaman SD Langensari sangat luas, jadi setelah berkeliling kami semua kecapekan. Istirahat dulu ahh... Di sini banyak pohon besar, rasanya sejuk sekali berteduh dibawahnya.

Meski cukup capek, hari ini kami bisa mengenal lingkungan sekolah kami. Meski sudah sekolah di sini beberapa tahun ternyata baru kali ini kami benar-benar memperhatikannya. Ada beberapa tempat yang kurang terjaga kebersihannya. Berarti kami harus mengajak Bapak, Ibu guru dan teman-teman untuk lebih giat menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Selesai sudah petualangan kami hari ini. Kami mengakhirinya dengan bernyanyi bersama serta toosss...
JAGA BUMI...HOORREEE.....
(Adt)

Tidak ada komentar: