Cerita Klub Sains #1 : Antara Aku, Kau , dan Lingkungan Sekitar Kita

Selasa 22/11, Lama tak ada cerita, meski proses terus berjalan. Gelak tawa, celoteh, dan polah teman-teman kecil tetap setia mewarnai kegiatan Klub Sains SD Bopkri Gondolayu. Tetap riuh di dalam kelas sana, meski gaung tak cukup keras diluar. Mungkin kami lupa membuka pintu, sehingga celoteh anak-anak itu mentok di daun pintu.
Yups, mari kita singkap sedikit daun pintu Klub Sains. Kita dengar celoteh mereka dan lihat polah tingkahnya.
Lihatlah teman-teman kecil berkumpul berdesakan berebut ruang untuk mengamati replika habitatdi sekitar kita. Dari sana mereka belajar tentang hubungan saling membutuhkan antara kita (manusia) dengan segala sesuatu di sekitar kita.


“ Kak..!! di sekitar rumah, kok ada Harimau?” Tanya Ginda, salah satu diantara mereka.
“ Oh, mungkin karena pohon-pohon di hutan sudah ditebangi, sehingga mereka berkeliaran sampai di perkampungan.” Jawab fasilitator.
Obrolanpun mengalir deras, kesana – kemari, tentang fungsi tumbuhan, manfaat hewan, sampai pada kesimpulan bahwa kita harus menjaga lingkungan kita. Kita menjaga pohon-pohon di sekitar kita. Jangan menebang sembarangan, jangan buang sampah sembarangan, jangan membuang limbah cair dan gas semaunya.
Lihatlah percobaan kita! Air yang tercemar itu nantinya akan mencemari tumbuhan yang hidup disana. 


Mari kita bayangkan, jika tumbuh-tumbuhanmenyerap air yang tercemar, kira-kira apa yang terjadi?
" Pohonnya mati, kak." sahut mereka.
Lalu jika tumbuhan yang tercemar itu, kita makan....
" Kita juga mati, kak!" sahut mereka disambung dengan gelak tawa... ohhh, tidaaaak... hehehe, dan kegiatan pun kita akhiri dengan pemahaman bahwa ada hubungan saling membutuhkan antara manusia dengan lingkungannya, sehinga kita harus menjaga kelestarian lingkungan hidup kita.
Oke... sampai jumpa di edisi berikutnya dengan judul "Berburu Harta Karun"..

Tidak ada komentar: