Pelita Pengok : Berkreasi dari Kotak Susu


Jogja 18/11, Sesosok kepala bocah muncul dari balik pintu, " Kak, hari ini jadi membuat kotak pensil, nggak?" tanya si anak penuh harap.
"Jadi.. Tunggu sebentar, ya. tunggu di ruang Perpustakaan sambil baca-baca, ya!" sahut Kak Puji yang masih sibuk menyiapkan alat dan bahannya. Anak-anak itu sangat bersemangat, karena memang rencana berkarya hari ini sudah tersebar sejak beberapa saat hari yang lalu, dan yang lebih membuat bersemangat karena sebagian dari mereka membawa sendiri kotak susunya. Bahkan Syafa, salah satu diantara mereka menyumbangkan puluhan kotak susu sebagai bahan kegiatan hari ini.
Jam 3 lebih sedikit, anak - anak sudah berkumpul di ruang perpustakaan. Dengan ditemani Kak Nur, Kak puji memulai kegiatan. Tema kegiatan hari ini adalah membuat tempat pensil dari kotak susu.
Aturan main dijelaskan, contoh karya diperlihatkan, panduan membuat karya dijelaskan, alat dan bahan dibagikan, dan.... saatnya berkarya.
Berbagi dan berkarya bersama.

Semua dibebaskan berkreasi pada koridornya. Tapi sebisa mungkin dikerjakan sendiri. yak, semacam melatih kemandirian. Ada yang bingung adalah hal yang wajar. Seperti juga kadang ada yang berebut lem atau alat lain yang harusnya dipakai bersama. hahaha.... kenikmatan berkarya mengalahkan semua kesulitan. Ada yang salah tempel atau ada hiasan yang lepas, cukup disikapi dengan gelak tawa oknum yang bersangkutan.. hahaha, serasa pingin kembali ke dunia kanak-kanak.
Kak Puji sedang memberi petunjuk kepada Syafa.
 
Semua karya terlihat indah. Dan semoga kita semua tiba pada pemahaman bahwa masih ada manfaat dibalik tumpukan barang bekas di sekitar kita. Itu point-nya.  Sambil menyelesaikan karya merekapun merancang kegiatan pada hari Jum'at yang akan datang. Mudah-mudahan teman-teman yang tidak datang bisa bergabung. Dan ini dia karya kami.

Kiri ke kanan : Tamim, Krisna, Riska, Kak Nur, Dita, dan Syafa.

Sampai jumpa..!!

Tidak ada komentar: