IKLIM YANG ANEH


Coba bayangkan, kalau saja negara-negara di Eropa punya iklim seperti Indonesia. Terus iklim di Indonesia seperti Eropa. Brrrr.... dingin! Tapi mungkin nggak sih, iklim di bumi tiba-tiba berubah seperti itu?
Sebenarnya, sejak dulu iklim di bumi memang terus menerus mengalami perubahan. Akan tetapi perubahan yang terjadi tidak seperti yang kita bayangkan. Misalnya, iklim tropis tiba-tiba jadi sub tropis, lalu iklim sub tropis jadi tropis, bukan seperti itu!
Perubahan iklim biasanya terjadi secara alami dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Contohnya, zaman es bermula kira-kira 2 juta tahun yang lalu dan baru mulai menghangat sejak 14.000 tahun yang lalu. Coba dihitung, berapa lama waktu yang dibutuhkan bumi untuk merubah iklim pada masa itu?
Kata para ilmuwan, sekarang ini bumi kita juga sedang mengalami perubahan iklim. Akan tetapi, perubahan iklim kali ini agak berbeda.
Begini ceritanya, dalam 100 tahun belakangan ini suhu bumi telah meningkat sebesar 1 derajad celcius. Sekalipun kecil, tapi kalau berlangsung lama, 1 derajad saja sudah cukup untuk merubah iklim dunia. Artinya perubahan iklim kali ini lebih cepat dari biasanya.
Teman-teman sudah membaca kisah Usa dan Pak Pohon bukan? Itu lho, tentang suhu bumi yang makin panas karena banyaknya gas rumah kaca yang dibuang manusia ke angkasa. Banyak ilmuwan percaya bahwa ulah manusia yang seperti itulah yang telah menyebabkan perubahan iklim dunia
Sayangnya para ilmuwan juga belum tahu persis apa akibatnya kelak jika suhu bumi terus meningkat dan iklim benar-benar berubah dengan cepat. Menurut perkiraan mereka, perubahan iklim mungkin bagus untuk orang-orang yang tinggal di daerah dingin. Suhu udara di sana bisa lebih hangat dan banyak tanaman yang bisa dibudidayakan.
Sebaliknya perubahan iklim juga bisa menimbulkan bencana di daerah lain seperti, bencana kekeringan dan banjir luapan air laut. Sebagai akibatnya banyak tumbuhan dan hewan yang mati kerena tidak tahan dengan udara panas dan air asin. Kalau banyak tanaman dan hewan yang mati maka manusia juga bisa kekurangan pangan, dan masih banyak lagi bencana lainnya. Persis seperti apa yang disampaikan Alga Tua pada Usa.
Hiiiii.... serem ya! Sepertinya kita harus menolong bumi dengan mengurangi gas rumah kaca mulai sekarang juga. (eka)

Mau tahu kisah yang lain tentang iklim?
Baca saja TUKI edisi 10, semuanya mengenai IKLIM.

Tidak ada komentar: