Bonus Pengetahuan Bonus Hadiah di Tepi Sungai Winongo

Pasar Pengetahuan Serangan, 27 April 2008
Mbak, jam dinding harganya berapa?
Harganya, 5 koin hijau
Kalau gantungan kunci berapa mbak?
Harganya Cuma 3 koin merah
Untuk mendapatkan jam dinding yang terbuat dari bubur kertas cukup dengan menukarkan 5 koin hijau saja. Nggak percaya?
Sebaiknya percaya saja, sebab aturan ini hanya ada di Pasar Pengetahuan yang diadakan oleh Klenthing pada
27 April 2008, di SD Ngabean 2, dan berlangsung dari pagi hingga siang. Meski matahari siang sangat menyengat, para peserta tak gentar. Sekadar informasi, Pasar Pengetahuan ini layaknya sebuah pasar, namun yang dijajakan adalah pengetahuan. Dengan diikuti lebih dari 100 peserta dari anak-anak kampung Ngabean di Bantaran sungai Winongo yang sangat antusias, suasana menjadi sangat meriah. Kita bisa membeli berbagai macam aneka keperluan peralatan belajar pensil, buku, dan aksesoris menarik yang terbuat dari bahan-bahan bekas.
Yang penting dari Pasar Pengetahuan bukan hanya hadiahnya yang menarik, melainkan “Pengetahuan”. Setiap pergelaran Pasar Pengetahuan, mempunyai tema yang terkait dengan lingkungan kita. Kali ini diadakan di daerah Serangan. Pada pelaksanaannya, sebagai awalan, peserta mendapatkan modal koin. Koin itulah tiket untuk membeli pengetahuan. Tanpa membeli pengetahuan dan pertanyaan di Stand, mereka tak akan mendapatkan bonus koin. Dan tanpa bonus koin yang banyak, kesempatan mereka untuk mendapatkan hadiah yang lebih banyak menjadi berkurang pula. Bonus Koin ini dapat diberikan kepada peserta, dengan syarat, peserta mengunjungi stand dan dapat menjawab pertanyaan yang diberikan. Begitulah uniknya pasar pengetahuan ini.
Apa yang terjadi di dalam stand? Mereka melihat berbagai macam percobaan yang berkaitan dengan lingkungan sekitarnya, khususnya air. Misalnya ada percobaan banjir dan tanah longsor. Ada percobaan kincir air yang digerakkan oleh tekanan air. Ada percobaan tekanan air. Ada stand penjernihan air. Masih banyak lagi deh percobaan yang menarik.
Jika koin salah satu peserta habis, bisa datang ke stand hasta karya. Di dalam stand hasta karya, peserta tidak secara cuma-cuma mendapatkan koin. Peserta harus membuat hasta karya dari barang bekas dahulu. Setelah membuat karya, peserta bisa mendapatkan koin. Pada akhir acara, peserta menghitung koin yang dikumpulkannya, sebagai hasil dari keluar masuk stand. Setelah koin terkumpul, peserta bisa menukarkan koin dengan hadiah-hadiah menarik. Mau? Datang saja ke Pasar Pengetahuan Klenthing berikutnya.
Oh iya, tema yang diangkat oleh Klenthing kali ini adalah Air Selamatkan Hidupku.
Tema ini diangkat karena tempat tinggal mereka berada di sekitar sungai Winongo. Harapan diadakannya Pasar Pengetahuan di Serangan ini dapat menambah wawasan peserta tentang pemanfaatan barang bekas dan meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian air. Yuk, kita peduli lingkungan…..(gda)

Tidak ada komentar: