Negeri Sampah di Bangsal Gedung Kesenian Kulonprogo

Pasar Pengetahuan Kulonprogo



















Teman- teman, pernah datang ke negeri sampah? Apa yang teman-teman bayangkan jika datang ke negeri sampah? Sebagian besar pasti menjawab bahwa negeri sampah itu bau, jorok, dekil, kotor dan tidak sehat. Negeri sampah, dalam bayanganku adalah negeri yang banyak sampahnya. Apalagi sampahnya berserakan dimana-mana sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap juga dapat menjadi sarang penyakit.
Sebaliknya, ketika aku datang ke acara Pasar Pengetahuan Klenthing yang bertema Sampah Ku Harta Karun Ku di Negeri Sampah ini, tidak terdapat sampah yang berserakan. Tempatnya pun bersih. Memang banyak sampahnya, tapi, sampah itu disusun dan dipilah-pilah menurut jenisnya. Sampah kaleng mempunyai tempat sendiri. Begitupula sampah kertas, plastik, dan sampah organik. Semua sampah mempunyai tema sendiri-sendiri. Negeri yang aneh ini diberi nama Negeri Uwuhnakarta. Pasar Pengetahuan ini terselenggara sebagai salah satu bagian dari mata serangkaian acara Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca di Kulonprogo. Di kanan kiri Negeri Sampah, banyak stand-stand pameran buku IKAPI.
Acara Sampah Ku Harta Karun Ku di Negeri Sampah ini diadakan oleh Kelompok Pecinta Ilmu Pengetahuan dan Lingkungan (KLENTHING). Di dalam negeri sampah, kita bisa mendapatkan informasi mengenai apa itu sampah. Sampah adalah barang-barang yang sudah tidak kita pakai lagi. Selain kita dapat mengerti tentang sampah, kita juga dapat membuat kreasi yang berasal dari sampah. Kita dapat melihat caranya membuat kompos. Kita dapat melihat caranya membuat kerajinan dari kertas bekas.
Eit……bukan cuma melihat. Kita juga dapat membuatnya langsung di tempat. Misalnya, kita dapat membuat tempat pensil yang terbuat dari botol plastik bekas. Kita juga dapat membuat gantungan kunci yang terbuat dari bubur kertas. Wah, masih banyak lagi pokoknya. Semua yang berada di negeri sampah ini terbuat dari sampah.
Ketika selesai mengikuti acara Sampah Ku Harta Karun Ku di Negeri Uwuhnakarta, aku jadi mengerti bahwa sampah menjadi harta karun kita. Sebab sampah dapat dijadikan apa saja. Sampah dapat kita olah menjadi sesuatu yang berguna. Wah, sebenarnya aku ingin kalian ke negeri sampah ini, tapi sayang, acaranya hanya diadakan satu hari saja. Acaranya kemarin diadakan Gedung Kesenian Kulon Progo pada tanggal 18 Mei 2008. Semoga teman-teman Klenthing dapat berkunjung ke daerah kalian dan mengadakan acara yang serupa. Atau, aku mau bikin sendiri Negeri Sampah semacam itu bersama teman-teman mainku sendiri. Segera saja ah, sebelum teman-teman Klenthing datang lagi ke tempat kita. (gda)

Tidak ada komentar: